Pages

Tuesday, April 17, 2012

RPP Kimia SMK Kelas X Semester 1 pertemuan 1 (Sifat Dan Jenis Materi)

Silahkan lihat juga : Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                        :  SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran                          :  2012 - 2013
Mata Pelajaran                       :  Kimia
Kelas / Semester                    :  X / 1
Pertemuan ke-                        :  1
Alokasi Waktu                        :  2 x 45 menit


Standar Kompetensi
Memahami konsep materi dan perubahannya

Kompetensi Dasar
Mengelompokkan sifat dan jenis materi

Indikator
1.    Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya.
2.    Meteri dideskripsikan berdasarkan sifat dan jenisnya
3.    Materi dikelompokkan berdasarkan sifat dan jenisnya

I.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui pengamatan terhadap lingkungan siswa dapat menyebutkan contoh-contoh materi
2.    Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian materi dengan benar.
3.    Melalui diskusi informasi siswa dapat mendeskripsikan sifat materi.
4.    Melalui diskusi informasi siswa dapat mendeskripsikan jenis materi.
5.    Melalui kerja kelompok siswa dapat mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya.
6.    Melalui kerja kelompok siswa dapat mengelompokkan materi berdasarkan jenisnya.

II.      Materi Ajar
1.      Pengertian materi
Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.
2.      Contoh-contoh materi :
Air, tanah, udara, kertas, kain, dll
3.      Sifat-sifat materi
a.      Sifat fisis adalah ciri suatu materi yang dapat diamati tanpa merubah zat-zat yang menyusun materi tersebut
b.      Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang menyatakan apakah zat itu dapat mengalami perubahan kimia tertentu.
4.      Jenis-jenis materi
a.      Padat; mempunyai bentuk dan volume yang tetap.
b.      Cair; volume tetap tapi bentuk selalu berubah mengikuti wadah yang ditempatinya.
c.       Gas; volume dan bentuk akan mengikuti wadah yang ditempatinya.
5.      Pengelompokkan materi berdasarkan sifatnya.
a.      Sifat fisis; warna, bentuk, bau, rasa, wujud, berat, berat jenis, kekerasan, kelenturan, titik didih/titik leleh, titik beku/titik lebur, hantaran listrik.
b.      Sifat kimia; kestabilan (mudah tidaknya zat tersebut berubah), mudah tidaknya zat terbakar, berkarat, beracun, membusuk.
6.      Pengelompokkan materi berdasarkan jenisnya.
a.      Padat; kayu, besi, plastik, es
b.      Cair; minyak, sirup, susu, air
c.       Gas; oksigen, udara, karbondioksida, uap air

III.      Metode Pembelajaran
1.       Tanya jawab
2.       Diskusi
3.       Kerja kelompok

IV.      Langkah – Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan awal
1.      Mengkondisikan siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absen (disiplin, religius, jujur)
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3.      Apersepsi tentang benda atau materi yang ada di sekitar kita
B.      Kegiatan inti
1.      Siswa mengamati lingkungan sekitar (teliti)
2.      Siswa mencatat benda-benda yang terdapat di lingkungan sekitar (teliti)
3.      Siswa diskusi dengan dibimbing guru untuk menjelaskan pengertian materi (rasa ingin tahu, komunikatif).
4.      Siswa diskusi dengan dibimbing guru untuk mendeskripsikan sifat materi (toleransi, komunikatif, kritis).
5.      Siswa diskusi dengan dibimbing guru untuk mendeskripsikan jenis materi (toleransi, komunikatif, kritis).
6.      Siswa kerja kelompok untuk  mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya (tanggung jawab, komunikatif).
7.      Siswa kerja kelompok untuk mengelompokkan materi berdasarkan jenisnya (tanggung jawab, komunikatif).
C.      Kegiatan akhir
1.      Diskusi untuk membuat kesimpulan dengan dibimbing guru (kreatif)
2.      Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.      Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
2.      Lingkungan sekolah

VI.      Penilaian
A.      Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian kepribadian)
B.      Bentuk tes : Essay
C.      Butir soal :

1.      Apa yang dimaksud dengan materi?
2.      Sebutkan masing-masing 3 contoh materi berwujud padat, cair dan gas!
3.      Jelaskan perbedaan sifat fisis dan sifat kimia!
4.      Berikut ini termasuk sifat fisis atau sifat kimia :
a.      berat jenis     
b.      mudah berkarat        
c.       berwarna hijau         
d.      mudah pudar
e.      rasa masam
A.      Kunci Jawaban
1.      Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.
2.      Materi berwujud padat   : besi, kayu, kertas
     Materi berwujud cair      : air, alkohol, minyak tanah
     Materi berwujud gas       : udara, uap, asap
3.  Sifat fisis adalah ciri suatu materi yang dapat diamati tanpa merubah zat-zat yang menyusun materi tersebut, sedangkan sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang menyatakan apakah zat itu dapat mengalami perubahan kimia tertentu.
4.      a. sifat fisis                     
b. sifat kimia                   
c. sifat fisis                      
d. sifat kimia
e. sifat fisika

B.      Sistem Penilaian
-         Skor penilaian tes tulis maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1 = 10
soal nomor 2 = 30
soal nomor 3 = 20
soal nomor 4 = 40
-         Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian sebagai berikut :
      (A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang baik; E=sangat kurang)


Mengetahui :
Kepala Sekolah




Cianjur,   5 Juli   2012
Guru Mata Pelajaran




Ira Akhira Dewi, S.Pd


No comments:

Post a Comment

Post a Comment