Pages

Wednesday, April 18, 2012

RPP Kimia Kelas X SMK Semester 1 Pertemuan 7,8 (Sistem periodik Unsur))

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                        :  SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran                          :  2012 / 2013
Mata Pelajaran                       :  Kimia
Kelas / Semester                     :  X / 1
Pertemuan ke-                        :  7 dan 8
Alokasi Waktu                        :  4 x 45 menit


Standar Kompetensi
Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan dan sistematika sistem periodik unsur

Indikator
1.      Perkembangan pengelompokan unsur dideskripsikan mulai dari Triade Dobereiner sampai Sistem Periodik Modern
2.      Letak unsur dalam sistem periodik dideskripsikan berdasarkan konfigurasi elektron
3.      Pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dideskripsikan sesuai dengan ketentuan
4.      Jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan dideskripsikan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik unsur.

I.      Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan perkembangan pengelompokan unsur mulai dari Triade Dobereiner sampai Sistem Periodik Modern secara rinci.
2.      Melalui diskusi siswa dapat menganalisis letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron
3.      Melalui tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat periodik unsur berdasarkan pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar secara rinci
5.      Melalui diskusi siswa dapat mendeskripsikan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik unsur.

II.      Materi Ajar
1.      Perkembangan sistem periodik unsur
a.    Sistem triade Dobreiner
b.    Sistem oktaf Newlands
c.    Sistem periodik Mendeleev
d.    Sistem periodik panjang (modern)
2.      Periode; lajur horizontal (lajur yang memanjang dari kiri ke kanan). Unsur-unsur seperiode umumnya memiliki jumlah kulit elektron yang sama.
Golongan; lajur yang memanjang dari atas ke bawah. Unsur-unsur yang berada pada golongan yang sama, umumnya memiliki jumlah elektron valensi yang sama.
3.      Sifat-sifat periodik unsur
a.    Jari-jari atom
b.    Energi ionisasi
c.    Afinitas elektron
d.    Keelektronegatifan
e.    Sifat logam dan non logam
4.      Pengaruh elektron valensi terhadap sifat keperiodikan
Penyusunan unsur-unsur berdasarkan kenaikan nomor atomnya ternyaata menyebabkan terulangnya beberapa sifat fisika dan kimia dari unsur. Terulangnya sifat tersebut ternyata sangat erat hubungannya dengan muatan inti, banyaknya kulit elektron dan jumlah elektron valensi.

III.      Metode Pembelajaran
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab

IV.      Langkah – Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan awal
1.    Mengkondisikan siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius, jujur).
2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3.    Apersepsi tentang struktur atom
B.      Kegiatan inti
1.    Siswa bertanya jawab mendeskripsikan perkembangan pengelompokan unsur mulai dari Triade Dobereiner sampai Sistem Periodik Modern secara rinci. (rasa ingin tahu, komunikatif).
2.    Siswa berdiskusi menganalisis letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron (toleransi, komunikatif, kritis).
3.    Siswa bertanya jawab mendeskripsikan sifat-sifat periodik unsur berdasarkan pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar secara rinci (rasa ingin tahu, komunikatif).
4.    Siswa berdiskusi mendeskripsikan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik unsur. (toleransi, komunikatif, kritis).
C.      Kegiatan akhir
1.    Membuat kesimpulan (kreatif)
2.    Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.      Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung) halaman 79-91
2.      Tabel sistem periodik

VI.      Penilaian
A.      Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian kepribadian)
B.      Bentuk tes : Essay
C.      Butir soal :
1.      Jelaskan bagaimana sistem pengelompokan unsur menurut Newlands!
2.      Tentukan golongan dan periode dari unsur-unsur berikut :
a.      3Li
b.      7N
c.       13Al
d.      16S
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a.      Jari-jari atom
b.      Afinitas elektron
c.       Energi ionisasi
d.      keelektronegatifan
4.  Jelaskan bagaimana kecenderungan sifat logam unsur-unsur dalam satu periode dan satu golongan!
D.     Kunci Jawaban
1.      Newlands menemukan bahwa sifat-sifat unsur yang disusunnya akan berulang sedemikian rupa, sehingga unsur pertama berulang sifatnya pada unsur yang kedelapan, unsur kedua berulang pada unsur kesembilan, dan seterusnya, sebagaimana halnya susunan oktaf pada tangga nada.
2.         a. 3Li = 2,1          golongan = IA; periode = 2
b. 7N = 2,5          golongan = VA; periode = 2
c. 13Al = 2,8,3      golongan = IIIA; periode = 3
d. 16S = 2,8,6       golongan = VIA; periode = 3
3.         a. jarak dari inti atom sampai lintasan elektron terluarnya
b. besarnya energi yang dilepaskan pada saat sebuah atom netral dalam keadaan gas menerima elektron tambahan.
c. energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron dari suatu attom netral dalam keadaan gas.
d. ukuran kecenderungan suatu atom untuk menarik elektron dalam ikatannya
4.         Dalam satu periode, dari kiri ke kanan, sifat logam berkurang
Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, sifat logam bertambah
E.      Sistem Penilaian
-         Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1        = 10
soal nomor 2        = 40
soal nomor 3        = 40
soal nomor 4        = 10
-         Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang baik; E=sangat kurang)


Mengetahui :
Kepala Sekolah

Cianjur, 5 Juli   2012
Guru Mata Pelajaran




Ira Akhira Dewi, S.Pd


No comments:

Post a Comment